Posting kali ini merupakan kelanjutan dari artikel Membuat Soal Online dan Cara Menampilkan Soal Online di Blog/Web yang telah kita buat via Google Docs. Setelah peserta test atau siswa mengerjakan soal online maka hasilnya dapat dilihat pada akun Google Docs anda. Hasil tersebut ditampilkan dalam format spreadsheetsehingga akan mempermudah anda dalam membuat jawaban dan nilai, bahkan memungkinkan untuk menyusun analisis butir soal. Karena melalui spreadsheet Google Docs juga terdapat fitur formula seperti halnya pada Ms. Excel. dari paketMicrosoft Office.
Okeii, mari kita mulai workshop cara mengetahui hasil soal online via Google Docs, berikut tahapan yang dilalui :
1. Masuk ke akun Google Docs anda, dan akan terlihat judul atau title yang telah
anda buat sebelumnya.
2. Klik title tersebut, dalam hal ini kami ambil contoh Ulangan 1 maka muncul
spreadsheet seperti gambar :
3. Buatlah kolom tambahan sebanyak jumlah butir soal online sebagai rumus atau
kunci jawaban dan 1 lagi kolom untuk Nilai.
4. Kami membuat Rumus Kunci Jawaban mempergunakan formula :
=COUNTIF(CELL,"kunci jawaban yang benar"),
contoh :
=COUNTIF(i2,"display"), maka :
jawaban salah = 0, dan jawaban benar = 1.
5. Rumus ini dibuat sebanyak jumlah soal online, kemudian lanjut dengan formula
untuk Nilai, yaitu :
=SUM(cell range)/jumlah soal*100
contoh :
=SUM(F2:H2)/3*100
Untuk melihat contoh hasil ulangan online yang telah dikerjakan oleh siswa seperti
gambar di atas dalam format spreadsheet secara lengkap, silakan klik di sini.
gambar di atas dalam format spreadsheet secara lengkap, silakan klik di sini.
Demikian seterusnya, anda tinggal melakukan "drag" dari formula tersebut untuk mengetahui hasil test dari semua peserta/siswa. Formula di atas hanyalah contoh yang kami buat, anda bisa saja membuat formula lain yang mungkin lebih cocok. Akhir kata, selamat mencoba untuk memanfaatkan fasilitas gratis yang ditawarkan oleh Google Docs yang mulai tanggal 19 September diubah namanya menjadi Google Drive.
0 komentar:
Posting Komentar